Selasa, 06 Januari 2009
Sejarah komputer
Sejarah Komputer

Sejarah Komputer

I. Defenisi Komputer
Selamabertahun-tahun sudah ada beberapa arti yang agak berbeda pada kata ‘komputer’,dan beberapa kata berbeda untuk hal kami sekarang biasanya disebut komputer.
Misalnya"computer" secara umum pernah dipergunakan untuk bermaksud orangmemperkerjakan untuk melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa mesinmembantu. Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebutdigunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata bagi "orangyang menghitung" dan lalu menjelang 1897 juga untuk "alat hitungmekanis". Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada parapekerja wanita AS dan Inggris yang pekerjaannya memperhitungkan jalan artileriperang besar dengan mesin seperti itu.
CharlesBabbage mendesain salah satu mesin menghitung pertama disebut Mesin Analitikal,tetapi karena masalah teknologi tidak dibuat seumur hidupnya. Berbagai alatmesin yang sederhana seperti slide rule baik juga sudah menyebut komputer. Dibeberapa kasus mereka diserahkan ke sebagai "komputer analog",sewaktu mereka melambangkan nomor oleh continuous kuantitas-kuantitas fisikdaripada di samping digit biner yang berlainan. Apa sekarang menyebut"komputer" saja secara umum pernah menyebut "komputerdigital" untuk membedakan mereka dari alat lain ini (yang masih dipakai dibidang analog pengolahan tanda, misalnya).
Ini yangmemikirkan kata lain untuk komputer, itu ialah harga mengamati bahwa di bahasalain kata yang dipilih selalu tidak mempunyai arti harfiah sama sebagai kataBahasa Inggris. Dalam Bahasa Perancis misalnya, kata ialah"ordinateur", yang berarti kira-kira "organisator", atau"memisahkan mesin". Pada bahasa Spanyol digunakan kata "ordenador",dengan arti sama, walaupun di beberapa negara mereka menggunakan anglicismcomputadora. Dalam Bahasa Italia, komputer ialah "calcolatore",kalkulator, menekankannya computational menggunakan di balik yang logis sepertipenyortiran. Dalam Bahasa Swedia, komputer dipanggil "dator" dari"data". Atau paling tidak pada tahun 1950-an, mereka disebut"matematikmaskin" (mesin matematika). Dalam Bahasa Tionghoa, komputerdipanggil "tien nau" atau suatu "otak listrik". DalamBahasa Inggris, kata lain dan frase sudah bekas, seperti "mesin pengolahandata".

II. Bagaimana Komputer Bekerja
Saat teknologiyang dipakai pada komputer digital sudah berganti secara dramatis sejakkomputer pertama pada tahun 1940-an (lihat Sejarah perangkat keras menghitunguntuk lebih banyak detail), komputer kebanyakan masih menggunakan arsitekturVon Neumann, yang diusulkan di awal 1940-an oleh John von Neumann.
Arsitektur VonNeumann menggambarkan komputer dengan empat bagian utama: Unit Aritmatika danLogis (ALU), unit kontrol, memori, dan alat masukan dan hasil (secara kolektifdinamakan I/O). Bagian ini dihubungkan oleh berkas kawat, "bus"
Di sistem ini,memori adalah urutan byte yang dinomori (seperti "sel" atau"lubang burung dara"), masing-masing berisi sepotong kecil informasi.Informasi ini mungkin menjadi perintah untuk mengatakan pada komputer apa yangharus dilakukan. Sel mungkin berisi data yang diperlukan komputer untukmelakukan suatu perintah. Setiap slot mungkin berisi salah satu, dan apa yangsekarang menjadi data mungkin saja kemudian menjadi perintah.

III. Memori
Memorimenyimpan berbagai bentuk informasi sebagai angka biner. Informasi yang belumberbentuk biner akan dipecahkan (encoded) dengan sejumlah instruksi yangmengubahnya menjadi sebuah angka atau urutan angka-angka. Sebagai contoh: HurufF disimpan sebagai angka desimal 70 (atau angka biner 1000110) menggunakansalah satu metode pemecahan. Instruksi yang lebih kompleks bisa digunakan untukmenyimpan gambar, suara, video, dan berbagai macam informasi. Informasi yangbisa disimpan dalam satu sell dinamakan sebuah byte.
Secara umum,memori bisa ditulis kembali lebih jutaan kali - itu merupakan scratchpaddaripada sebuah tablet batu.
Ukuranmasing-masing sel, dan jumlah sel, berubah secara hebat dari komputer kekomputer, dan teknologi dulu biasa mebuat memori sudah berubah secara hebat -dari relay elektromekanik, ke tabung yang diisi dengan air raksa (dan kemudianpegas) di mana pulsa akustik terbentuk, sampai matriks magnet permanen, kesetiap transistor, ke sirkuit terpadu dengan jutaan transistor di atas satuchip silikon.

IV. Pemrosesan
Unit PemprosesPusat atau CPU ( central processing unit) berperanan untuk memproses arahan,melaksanakan pengiraan dan menguruskan laluan informasi menerusi systemkomputer. Unit atau peranti pemprosesan juga akan berkomunikasi dengan perantiinput , output dan storan bagi melaksanakan arahan-arahan berkaitan.
Dalamarsitektur von Neumann yang asli, ia menjelaskan sebuah Unit Aritmatika danLogika, dan sebuah Unit Kontrol. Dalam komputer-komputer modern, kedua unit init erletak dalam satu sirkuit terpadu (IC - Integrated Circuit), yang biasanyadisebut CPU (Central Processing Unit).
UnitAritmatika dan Logika, atau Arithmetic Logic Unit (ALU), adalah alat yangmelakukan pelaksanaan dasar seperti pelaksanaan aritmatika (tambahan,pengurangan, dan semacamnya), pelaksanaan logis (AND, OR, NOT), dan pelaksanaanperbandingan misalnya, membandingkan isi sebanyak dua slot untuk kesetaraan).Pada unit inilah dilakukan "kerja" yang nyata.
Unit kontrolmenyimpan perintah sekarang yang dilakukan oleh komputer, memerintahkan ALUuntuk melaksanaan dan mendapat kembali informasi (dari memori) yang diperlukanuntuk melaksanakan perintah itu, dan memindahkan kembali hasil ke lokasi memoriyang sesuai. Sekali yang terjadi, unit kontrol pergi ke perintah berikutnya(biasanya ditempatkan di slot berikutnya, kecuali kalau perintah itu adalahperintah lompatan yang memberitahukan kepada komputer bahwa perintah berikutnyaditempatkan di lokasi lain).

V. Input dan Hasil
I/O membolehkankomputer mendapatkan informasi dari dunia luar, dan menaruh hasil kerjanya di
sana
, dapat berbentukfisik (hardcopy) atau non fisik (softcopy).
Ada
berbagai macam alat I/O, dari yang akrabkeyboard, monitor dan disk drive, ke yang lebih tidak biasa seperti webcam(kamera web, printer, scanner, dan sebagainya.
Yang dimilikioleh semua alat masukan biasa ialah bahwa mereka meng-encode (mengubah)informasi dari suatu macam ke dalam data yang bisa diolah lebih lanjut olehsistem komputer digital. Alat output, men-decode data ke dalam informasi yangbisa dimengerti oleh pemakai komputer. Dalam pengertian ini, sistem komputerdigital adalah contoh sistem pengolah data.

VI. Instruksi
Perintah yangdibicarakan di atas tidak adalah perintah kaya bahasa manusiawi. Komputer hanyamempunyai dalam jumlah terbatas perintah sederhana yang dirumuskan dengan baik.Perintah biasa yang dipahami kebanyakan komputer ialah "menyalin isi sel123, dan tempat tiruan di sel 456", "menambahkan isi sel 666 ke sel042, dan tempat akibat di sel 013", dan "jika isi sel 999 adalah 0,perintah berikutnya anda di sel 345".
Instruksidiwakili dalam komputer sebagai nomor - kode untuk "menyalin" mungkinmenjadi 001, misalnya. Suatu himpunan perintah khusus yang didukung olehkomputer tertentu diketahui sebagai bahasa mesin komputer. Dalam prakteknya,orang biasanya tidak menulis perintah untuk komputer secara langsung di bahasamesin tetapi memakai bahasa pemrograman "tingkat tinggi" yangkemudian diterjemahkan ke dalam bahasa mesin secara otomatis oleh programkomputer khusus (interpreter dan kompiler). Beberapa bahasa pemrogramanberhubungan erat dengan bahasa mesin, seperti assembler (bahasa tingkatrendah); di sisi lain, bahasa seperti Prolog didasarkan pada prinsip abstrakyang jauh dari detail pelaksanaan sebenarnya oleh mesin (bahasa tingkat tinggi)



VI. Arsitektur
Komputerkontemporer menaruh ALU dan unit kontrol ke dalam satu sirkuit terpadu yangdikenal sebagai Central Processing Unit atau CPU. Biasanya, memori komputerditempatkan di atas beberapa sirkuit terpadu yang kecil dekat CPU. Alat yangmenempati sebagian besar ruangan dalam komputer adalah ancilliary sistem(misalnya, untuk menyediakan tenaga listrik) atau alat I/O.
Beberapakomputer yang lebih besar berbeda dari model di atas di satu hal utama merekamempunyai beberapa CPU dan unit kontrol yang bekerja secara bersamaan. Terlebihlagi, beberapa komputer, yang dipakai sebagian besar untuk maksud penelitiandan perkomputeran ilmiah, sudah berbeda secara signifikan dari model di atas,tetapi mereka sudah menemukan sedikit penggunaan komersial.
Fungsi darikomputer secara prinsip sebenarnya cukup sederhana. Komputer mencapai perintahdan data dari memorinya. Perintah dilakukan, hasil disimpan, dan perintahberikutnya dicapai. Ulang prosedur ini sampai komputer dimatikan.

VIII. Program
Programkomputer adalah daftar besar perintah untuk dilakukan oleh komputer, barangkalidengan data di dalam tabel. Banyak program komputer berisi jutaan perintah, danbanyak dari perintah itu dilakukan berulang kali. Suatu [[Personalcomputer[PC]] modern yang umum (pada tahun 2003) bisa melakukan sekitar 2-3milyar perintah dalam sedetik. Komputer tidak mendapat kemampuan luar biasamereka lewat kemampuan untuk melakukan perintah kompleks. Tetapi, merekamelakukan jutaan perintah sederhana yang diatur oleh orang pandai,"programmer." "Programmer Baik memperkembangkan set-set perintahuntuk melakukan tugas biasa (misalnya, menggambar titik di layar) dan lalumembuat set-set perintah itu tersedia kepada programmer lain." Dewasa ini,kebanyakan komputer kelihatannya melakukan beberapa program sekaligus. Inibiasanya diserahkan ke sebagai multitasking. Pada kenyataannya, CPU melakukanperintah dari satu program, kemudian setelah beberapa saat, CPU beralih keprogram kedua dan melakukan beberapa perintahnya. Jarak waktu yang kecil inisering diserahkan ke sebagai irisan waktu (time-slice). Ini menimbulkan khayalprogram lipat ganda yang dilakukan secara bersamaan dengan memberikan waktu CPUdi antara program. Ini mirip bagaimana film adalah rangkaian kilat saja masihmembingkaikan. Sistem operasi adalah program yang biasanya menguasai kali inimembagikan

IX. Sistem Operasi
Sistem operasiialah semacam gabungan dari potongan kode yang berguna. Ketika semacam kodekomputer dapat dipakai secara bersama oleh beraneka-macam program komputer,setelah bertahun-tahun, programer akhirnya menmindahkannya ke dalam sistemoperasi.
Sistemoperasi, menentukan program yang mana dijalankan, kapan, dan alat yang mana (sepertimemori atau I/O) yang mereka gunakan. Sistem operasi juga memberikan serviskepada program lain, seperti kode (driver) yang membolehkan programer untukmenulis program untuk suatu mesin tanpa perlu mengetahui detail dari semua alatelektronik yang terhubung.

X. Penggunaan Komputer
Komputerdigital pertama, dengan ukuran dan biaya yang besar, sebagian besar mengerjakanperhitungan ilmiah. ENIAC, komputer awal AS semula didesain untukmemperhitungkan tabel ilmu balistik untuk persenjataan (artileri), menghitungkerapatan penampang neutron untuk melihat jika bom hidrogen akan bekerja dengansemestinya (perhitungan ini, yang dilakukan pada Desember 1945 sampai Januari1946 dan melibatkan dala dalam lebih dari satu juta kartu punch, memperlihatkanbentuk lalu di bawah pertimbangan akan gagal). CSIR Mk I, komputer pertamaAustralia, mengevaluasi pola curah hujan untuk tempat penampungan dari SnowyMountains, suatu proyek pembangkitan hidroelektrik besar. Yang lainnya jugadipakai dalam kriptanalisis, misalnya komputer elektronik digital yang pertama,Colossus, dibuat selama Perang Dunia II. Akan tetapi, visionaris awal jugamenyangka bahwa pemrograman itu akan membolehkan main catur, memindahkan gambardan penggunaan lain.
Orang-orang dipemerintah dan perusahaan besar juga memakai komputer untuk mengotomasikanbanyak koleksi data dan mengerjakan tugas yang sebelumnya dikerjakan olehmanusia - misalnya, memelihara dan memperbarui rekening dan inventaris. Dalambidang pendidikan, ilmuwan di berbagai bidang mulai memakai komputer untukanalisa mereka sendiri. Penurunan harga komputer membuat mereka dapat dipakaioleh organisasi yang lebih kecil. Bisnis, organisasi, dan pemerintah seringmenggunakan amat banyak komputer kecil untuk menyelesaikan tugas bahwa dulunyadilakukan oleh komputer kerangka utama yang mahal dan besar. Kumpulan komputeryang lebih kecil di satu lokasi diserahkan ke sebagai perkebunan server.
Denganpenemuan mikroprosesor di 1970-an, menjadi mungkin menghasilkan komputer yangsangat murah. PC menjadi populer untuk banyak tugas, termasuk menyimpan buku,menulis dan mencetak dokumen. Perhitungan meramalkan dan lain berulangmatematika dengan spreadsheet, berhubungan dengan e-pos dan, Internet. Namun,ketersediaan luas komputer dan mudah customization sudah melihat mereka dipakaiuntuk banyak maksud lain.
Sekaligus,komputer kecil, biasanya dengan mengatur memprogram, mulai menemukan caramereka ke dalam alat lain seperti peralatan rumah, mobil, pesawat terbang, danperlengkapan industri. Yang ini prosesor benam menguasai kelakuan alat sepertiitu yang lebih mudah, membolehkan kelakuan kontrol yang lebih kompleks (untukkejadian, perkembangan anti-kunci rem di mobil). Saat abad kedua puluh satudimulai, kebanyakan alat listrik, kebanyakan bentuk angkutan bertenaga, dankebanyakan batas produksi pabrik dikuasai di samping komputer. Kebanyakaninsinyur meramalkan bahwa ini cenderung kepada akan terus.

XI. Jenis Komputer & Perkembangannya

A. Komputer PC
Komputerpribadi atau PC adalah mikrokomputer yang tidak mahal. Pada awalnya PC didesainagar hanya dapat digunakan oleh satu orang pada satu waktu, dan juga kompatibeldengan PC IBM (IBM PC compatible).
Nadi utamabagi mikrokomputer adalah Unit Pemroses Pusat mikroprosesor (microprocesorCPU). Mikroprosesor yang pertama adalah Intel4004 yang dikeluarkan pada 15November 1971.
Istilahkomputer pribadi pertama kali digunakan di majalah New Scientist pada tahun1964 dalam artikel berseri yang berjudul "The World in 1984" (Duniapada Tahun 1984). Dalam "The Banishment of Paper Work" (HilangnyaPekerjaan Tulis-Menulis), Arthur L. Samuel dari Pusat Penelitian Watson (WatsonResearch Center) nya IBM menulis, "Meskipun mungkin saja kita dapatmemperoleh pendidikan di rumah melalui PC orang tersebut sendiri, sifat aslimanusia tetap tak akan berubah."
Generasipertama mikrokomputer mulai bermunculan pada tahun 70an. Namun begitu, ia tidakberkemampuan tinggi, dan kurang cakap dibandingkan dengan komputer bisnis(Business Computer) pada waktu itu, sehingga hanya digunakan oleh peminatkomputer, atau hanya untuk permainan elektronik serta penggunaan bulletin boardsystem.
Mikrokomputermenjadi alat perniagaan ketika program spreadsheet VisiCalc diluncurkan untukmesin Apple II, dan kemudian untuk kelompok 8-bit Atari, Commodore PET, dan PCIBM yang menjadi program aplikasi terpopuler. Pada sekitar tahun 1980an, hargakomputer pribadi yang rendah menjadi sebab utama kepopularannya untuk kegunaandi rumah serta bisnis. Pada tahun 1982, majalah Time memberikan "KomputerPribadi" gelar "Man of the Year".
Menjelangtahun 1990an, kemampuan Komputer pribadi meningkat secara drastis, sehinggahampir menyamai kemampuan komputer multi-user, seperti komputer kerangka utama.Kini komputer tahap tinggi (higher-end computer) lebih sering membedakan merekadari komputer pribadi dari segi kestabilan serta kemampuan multitasking yanglebih baik, daripada hanya bergantung semata-mata pada kemampuan CPU.

Arsitektur dan Kartu Tambahan
Kebanyakan PCmenggunakan arsitektur piranti keras (hardware)-yang kompatibel dengan PC IBM,di mana prosesor-yang kompatibel dengan x86 buatan Intel, AMD, atau Cyrix.Kemampuan piranti keras PC biasanya dapat dikembangkan dengan penambahan KartuTambahan (Expansion Card).

Komputer pribadi dapat dibagi dalambeberapa jenis:
* komputer desktop
* notebook atau laptop
* PDA
* Komputer yang bisa dipakaikan ke badan(wearable computer)

Terdapat jugabeberapa jenis PC-yang tidak kompatibel dengan IBM yang masih sering digunakan.Yang paling populer adalah Macintosh keluaran Apple Computer. PC ini didasarkanpada arsitektur komputer PowerPC, yang digunakan secara luas untuk desaingrafis (graphic design) dan multimedia.

Tipe PC dan PW (WorkstationPribadi) lainnya dari waktu ke waktu:
* Acorn Archimedes & RiscPC
* Workstation NeXT
* BeBox
* Sun
* Workstation-workstation SGI seperti SGIIndigo dan SGI Onyx
* NEC PC-9800 (Ada di Jepang selamabeberapa saat)

B. Komputer Desktop
Komputerdesktop atau desktop saja adalah jenis komputer pribadi nonportabel yang antaramonitor, CPU, dan keyboard yang digunakannya tidak terintegrasi(terpisah-pisah) dan relatif berukuran besar. Komputer jenis ini dirancanguntuk diletakkan dan digunakan di atas meja di rumah atau kantor. Desktop adalahkomputer yang paling terjangkau dan paling umum saat ini, dan sering digunakandi perusahaan, rumah, sekolah, dan organisasi lainnya.

C. Laptop
Laptop(dikenal juga dengan istilah notebook/powerbook) adalah komputer portabel(kecil dan dapat dibawa ke mana-mana dengan mudah) yang terintegrasi padasebuah casing. Beratnya berkisar dari 1 hingga 6 kilogram tergantung dariukuran, bahan dan spesifikasi. Sumber listrik berasal dari baterai atau A/Cadaptor yang dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai dan menyalakan laptopitu sendiri. Baterai Laptop pada umumnya dapat bertahan sekitar 1 hingga 6 jambergantung pada cara pemakaian, spesifikasi, dan ukuran baterai.
Sebagaikomputer pribadi, Laptop memiliki fungsi yang sama dengan Komputer Desktop meskipundengan kemampuan yang lebih rendah. Komponen yang terdapat didalamnya adalahsama dengan yang terdapat pada Komputer Desktop dengan ukuran yang diperkecil,lebih ringan, tidak panas dan irit listrik. Laptop kebanyakan menggunakan layarLCD (Liquid Crystal Display) berukuran 10 inci hingga 17 inci bergantung dariukuran laptop itu sendiri. Selain itu, keyboard yang terdapat pada Laptop jugadilengkapi dengan touchpad atau dikenal juga sebagai trackpad yang berfungsisebagai penggerak kursor mouse. Keyboard dan Mouse tambahan dapat dipasangmelalui soket USB.
Berbeda dengankomputer desktop (PC) laptop atau yang sering juga disebut notebook memilikikomponen-komponen pendukung yang didesain secara khusus. Komponen tersebutdidesain untuk mengakomodasi portabilitas dari laptop sendiri. Sifat utama yangdimiliki oleh komponen penyusun laptop adalah ukuran yang kecil, hemat konsumsienergi, dan efisien. Laptop harganya lebih mahal tergantung pada merk danspesifikasi pemakaian

XII. Server
Server adalahsebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuahjaringan komputer. Server didukung dengan prosesor yang bersifat scalable danRAM yang besar, juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus, yang disebutsebagai sistem operasi jaringan atau network operating system. Server jugamenjalankan perangkat lunak administratif yang mengontrol akses terhadapjaringan dan sumber daya yang terdapat di dalamnya, seperti halnya berkas ataualat pencetak (printer), dan memberikan akses kepada workstation anggotajaringan.
Umumnya, diatas sistem operasi server terdapat aplikasi-aplikasi yang menggunakanarsitektur klien/server. Contoh dari aplikasi ini adalah DHCP Server, MailServer, HTTP Server, FTP Server, DNS Server dan lain sebagainya. Setiap sistemoperasi server umumnya membundel layanan-layanan tersebut atau layanan tersebutjuga dapat diperoleh dari pihak ketiga. Setiap layanan tersebut akan meresponsterhadap request dari klien. Sebagai contoh, klien DHCP akan memberikan requestkepada server yang menjalankan server DHCP; ketika sebuah klien membutuhkanalamat IP, klien akan memberikan perintah/request kepada server, dengan bahasayang dipahami oleh server DHCP, yakni protokol DHCP itu sendiri.
Contoh sistemoperasi server adalah Windows NT 3.51, dan dilanjutkan dengan Windows NT 4.0.Saat ini sistem yang cukup populer adalah Windows 2000 Server dan WindowsServer 2003, kemudian Sun Solaris, Unix, dan GNU/Linux.
Serverbiasanya terhubung dengan client dengan kabel UTP dan sebuah Network Card. Kartujaringan ini biasanya berupa kartu PCI atau ISA.
Fungsi serversangat banyak, misalnya untuk situs internet, ilmu pengetahuan, atau sekedarpenyimpanan data. Namun yang paling umum adalah untuk mengkoneksikan komputerclient ke Internet.
posted by castle @ Selasa, Januari 06, 2009  
0 Comments:
Posting Komentar
<< Home
 
About Me


Name: castle
Home: Lampung, Bandar Lampung
About Me:
See my complete profile

Previous Post
Archives
Links
Template by
Blogger Templates